Kalkulator Nilai Sekarang (Present Value) dan Nilai Masa Depan (Future Value)

Asumsikan Anda sebagai seorang investor dan sedang dihadapkan pada dua pilihan instrumen investasi yaitu:

  1. Instrumen A dengan modal awal sebesar Rp10 juta yang akan memberikan total pengembalian di tahun kedua sebesar Rp14 juta; dan
  2. Instrumen B dengan modal awal yang sama yaitu sebesar Rp10 juta namun memberikan hasil sebesar Rp20 juta di tahun kelima.

Dengan modal yang Anda miliki sebesar Rp10 juta, instrumen investasi manakah yang akan Anda pilih? Instrumen A atau Instrumen B?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut—dan pertanyaan-pertanyaan terkait lainnya, Anda dapat menggunakan konsep nilai waktu uang (time value of money). Secara sederhana, konsep nilai waktu uang mengaitkan hubungan antara waktu (time) dan uang (money), yakni uang yang Anda miliki saat ini jauh lebih berharga dibandingkan jumlah uang yang sama di masa depan. Hal ini disebabkan uang yang Anda miliki saat ini dapat diinvestasikan dan kemudian memperoleh bunga atau pengembalian sehingga jumlahnya akan meningkat di masa depan.

Penentuan nilai sekarang (present value) dan nilai masa depan (future value) merupakan salah satu bentuk pengimplementasian dari konsep nilai waktu uang. Sebagai contoh, dengan membandingkan nilai sekarang dari total pengembalian (nilai masa depan) dari berbagai instrumen investasi, Anda dapat menentukan instrumen investasi yang paling menguntungkan dan dapat Anda pilih.

Dalam menghitung nilai sekarang—atau nilai masa depan, Anda juga perlu mengenal konsep bunga majemuk (compund interest). Berbeda dengan penghitungan bunga sederhana (simple interest), bunga majemuk diaplikasikan dengan mengalikan tingkat bunga atau pengembalian dengan modal awal (principal) dan bunga atau pengembalian yang diperoleh sebelumnya dan belum diambil atau belum dibayarkan.

Dalam menghitung nilai sekarang atau nilai masa depan, kita akan mengombinasikan konsep nilai waktu uang dan konsep bunga majemuk sebagaimana dijelaskan sebagai berikut.

Penghitungan Nilai Masa Depan (Future Value)

Nilai masa depan (future value) dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus Nilai Masa Depan (Future Value)

FV = PV x (1+i)n

Keterangan:
FV : Future Value (Nilai Masa Depan)
PV : Present Value (Nilai Sekarang)
i : Tingkat Bunga atau Pengembalian
n : Jumlah Waktu

Penghitungan Nilai Sekarang (Present Value)

Nilai sekarang (present value) dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus Nilai Sekarang (Present Value)

PV = FV x (1/(1+i)n)

Keterangan:
PV : Present Value (Nilai Sekarang)
FV : Future Value (Nilai Masa Depan)
i : Tingkat Bungan atau Pengembalian
n : Jumlah Waktu

Kalkulator Penghitungan Nilai Sekarang dan Nilai Masa Depan

Kami membuat Kalkulator Nilai Waktu Uang Versi 0.1 (Mei 2022) ini untuk membantu Anda dalam menghitung nilai sekarang dan nilai masa depan secara cepat dan mudah. Selain dapat digunakan untuk menghitung nilai sekarang dan nilai masa depan, Kalkulator ini juga dapat membantu untuk menentukan tingkat bunga atau pengembalian serta jumlah periode waktu.

Kalkulator Nilai Waktu Uang ini dapat Anda akses secara langsung dengan mengisikan data-data di kolom berikut. Kami menghargai privasi Anda sehingga data yang Anda sampaikan tidak kami simpan.

Referensi:

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2019. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh Belas. John Wiley & Sons, Inc.

Was this helpful?

5 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *