Ancaman atas Keunggulan Kompetitif Bisnis - Studi Kasus Produk Baru MS Glow - Blog Pajak dan Bisnis

Ancaman atas Keunggulan Kompetitif Bisnis – Studi Kasus Produk Baru MS Glow

MS Glow Beauty Skincare menghadirkan inovasi produk terbaru yakni MS Glow Kids, disingkat MS Kids untuk anak usia 0 bulan hingga remaja dengan berbagai varian produk yang memiliki kandungan 100 persen herbal. “Kami tertarik mengeluarkan produk vitamin herbal karena saat pandemi Covid-19 ini imunitas anak perlu di-boosting,” ujar salah satu Founder MS Glow Beauty, Maharani Kemala Dewi dalam keterangan persnya Selasa (23/2) sebagaimana diberitakan oleh Kontan.

“MS Kids ini murni produk lokal dengan kualitas produk yang baik tentunya. Salah satu manfaat produk skincarenya adalah UV protection yang didapat dari kandungan bahan alami Royal Jelly Protection dan tidak mengandung SPF sehingga bisa digunakan sesuai dengan kondisi anak Indonesia yang tumbuh di iklim tropis,” jelas Maharani. Ia memastikan semua produk perawatan tubuh dan rambut dari MS Kids diformulasikan dengan bahan alami yang cocok untuk kulit sensitif seperti Avocado Oil, Royal Jelly, Kolagen, dan Aloe Vera yang memiliki banyak nutrisi dan juga mempunyai manfaat UV Protection. Dia menambahkan, produk yang dikeluarkan MS Glow sudah dermatology tested, hypoallergenic, dan jaminan kandungan formula yang aman.

Rangkaian produk yang saat ini mulai dipasarkan antara lain Daily Baby Cream, Baby Mild Shampoo, Bubble Wash, Vitamin dan Telon Cream. “Mengingat banyaknya produk skincare yang berbahaya di pasaran, tentu menjadi concern utama MS Glow meyakinkan konsumen bahwa produk anak-anak ini bisa diterima dengan baik,” jelasnya.

Menurut Maharani, respon pasar sangat positif bahkan untuk saat ini produk Daily Baby Cream menjadi yang paling laris dan disukai. Ia berharap MS Glow bisa terus berinovasi menciptakan produk-produk skincare sesuai kebutuhan masyarakat tentunya dengan label yang sehat dan aman.

******

Dalam analisis singkat ini, penulis mencoba untuk menguraikan tentang bagaimana strategi peluncuran produk baru MS Kids dari MS Glow dapat mengancam keunggulan kompetitif yang selama ini dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang telah lama berada dalam industri tersebut. Sebagaimana kita ketahui, MS Glow selama ini dikenal sebagai produsen produk perawatan tubuh orang dewasa. Dengan peluncuran MS Kids, dapat disimpulkan bahwa MS Glow menjadi pendatang baru (new entrant) di dalam industri produk perawatan tubuh anak.

Hill, et.al (2013) menyebutkan bahwa terdapat 3 (tiga) faktor yang dapat mengancam keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh suatu bisnis. Ketiga faktor tersebut adalah 1) hambatan imitasi (barriers of imitation), 2) kapabilitas kompetitor (the capability of competitors), dan 3) industri yang dinamis.

Kehadiran MS Kids menunjukkan bahwa MS Glow mampu melewati hambatan imitasi atas produk perawatan tubuh anak. Menurut Hill, et. al. (2013), hambatan untuk melakukan imitasi terdiri dari hambatan untuk mengimitasi sumber daya (resources) dan kapabilitas (capabilities). Dari segi sumber daya, MS Glow memiliki sumber daya, baik berwujud maupun tidak berwujud yang dapat digunakan untuk memproduksi produk perawatan tubuh anak berkualitas dengan komposisi bahan herbal yang aman. Selain itu, MS Glow juga memiliki kemampuan dan kapabilitas untuk memproduksi produk tersebut yang dapat diperoleh dari pengalaman mereka sebelumnya yang memproduksi produk sejenis untuk orang dewasa atau berdasarkan pengetahuan baru yang mereka peroleh.

Pankaj Ghemawat dalam Hill, et. al. (2013) menyebutkan bahwa faktor utama yang menentukan kapabilitas kompetitor untuk meniru keunggulan kompetitif suatu bisnis adalah komitmen strategis awal yang dimiliki kompetitor tersebut. Sebagaimana disebutkan dalam artikel, salah satu komitmen strategis awal MS Glow adalah berinovasi menyediakan produk-produk perawatan tubuh yang sehat dan aman sesuai kebutuhan masyarakat sehingga peluncuran produk MS Kids sejalan dengan komitmen strategis awal mereka. Dengan demikian, MS Glow memiliki kapabilitas untuk dapat meniru keunggulan kompetitif dari kompetitor mereka di industri produk perawatan tubuh anak karena komitmen awal yang mereka miliki memungkinkan mereka untuk berekspansi dalam bisnis yang sebelumnya tidak mereka ikuti.

Terakhir, industri produk perawatan tubuh merupakan salah satu industri yang berkembang dengan cukup dinamis. Hal ini dapat dilihat dari nilai transaksi yang terus meningkat setiap tahun dan beragamnya variasi dan jenis produk yang didorong oleh perkembangan fashion dan penggunaan media sosial. Terlebih saat ini, tren menunjukkan produk perawatan tubuh yang halal dan berbasis bahan alami menjadi tolak ukur utama pelanggan. Oleh karena itu, industri yang dinamis dengan banyaknya inovasi produk akan berimplikasi pada kemungkinan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh suatu bisnis berpotensi semakin cepat berakhir.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kehadiran MS Glow melalui MS Kids akan mengancam keunggulan kompetitif perusahaan yang telah lama berkecimpung di dalam industri produk perawatan tubuh anak. Persaingan di dalam industri tersebut akan menjadi lebih ketat yang berpotensi dapat menurunkan profitabilitas bisnis. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan tersebut untuk dapat merumuskan ulang strategi mereka untuk tetap dapat mempertahankan keunggulan kompetitif yang telah dimiliki atau menemukan keunggulan kompetitif baru, baik dalam hal diferensiasi produk atau minimalisasi biaya.

Referensi:

Hill, Charles W.L. and Jones, Gareth R., Strategic Management: An Integrated Approach, 10th. Ed., 2013, South – Western, 5191 Natorp Boulevard, Mason OH USA.

Was this helpful?

0 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *