Kalkulator Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa (Future Value of Ordinary Annuity)

Nilai masa depan dari anuitas biasa (future value of ordinary annuity) merupakan nilai masa mendatang dari serangkaian penerimaan/pembayaran berkala (anuitas) yang dilakukan di setiap akhir periode. Sebagai contoh, jika Anda secara rutin menginvestasikan gaji bulanan anda sebesar Rp5 juta ke dalam Surat Berharga Syariah Negara yang menawarkan imbal hasil sebesar 7% p.a. per tahun yang dibayarkan pada setiap akhir bulan, Anda dapat menggunakan penghitungan nilai masa depan dari anuitas biasa untuk menghitung total dana anda katakanlah di akhir tahun kelima. Nilai masa depan dari anuitas biasa juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah penerimaan/pembayaran berkala yang harus dilakukan dengan tingkat bunga/margin dan tenor/jangka waktu tertentu agar target dana di masa mendatang dapat tercapai.

Rumus Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa

Nilai masa depan dari anuitas biasa (future value of ordinary annuity) dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa (Future Value of Ordinary Annuity)

FVOA = R x ((1+i)n-1)/i

Keterangan:
FVOA : Future Value of Ordinary Annuity (Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa)
R : Nilai Pembayaran/Penerimaan Berkala
i : Tingkat Bunga atau Pengembalian
n : Jumlah Waktu/Periode

Kalkulator Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa

Kami membuat Kalkulator Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa Versi 0.1 (Juni 2022) ini untuk membantu Anda dalam menghitung nilai masa depan dari anuitas biasa dengan cepat dan mudah. Selain dapat digunakan untuk menghitung nilai masa depan dari anuitas biasa, Kalkulator ini juga dapat membantu untuk menentukan nilai pembayaran/penerimaan berkala (anuitas) dan jumlah periode waktu.

Kalkulator Nilai Masa Depan dari Anuitas Biasa ini dapat Anda akses secara langsung dengan mengisikan data-data di kolom berikut. Kami menghargai privasi Anda sehingga data yang Anda sampaikan tidak kami simpan.

Referensi Bacaan:

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2019. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh Belas. John Wiley & Sons, Inc.

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *