Kalkulator Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang (Present Value of Annuity Due)

Secara umum, nilai sekarang dari anuitas terutang (present value of annuity due) menunjukkan nilai sekarang dari serangkaian penerimaan/pembayaran berkala (anuitas) yang dilakukan di setiap awal periode, misalnya pembayaran sewa/rental atau pembayaran premi asuransi yang dilakukan di awal. Hal ini berbeda dengan mekanisme penghitungan nilai sekarang dari anuitas biasa (present value of ordinary annuity) yang menghitung nilai sekarang dari anuitas yang dilakukan di akhir periode.

Kondisi demikian mengakibatkan selalu terdapat 1 (satu) periode diskonto yang lebih sedikit di dalam penghitungan nilai sekarang dari anuitas terutang. Hal ini berimplikasi pada nilai sekarang dari anuitas terutang yang selalu lebih tinggi dibandingkan nilai sekarang dari anuitas biasa dalam kondisi yang serupa.

Rumus Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang

Nilai sekarang dari anuitas terutang (present value of annuity due) dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Rumus Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang (Present Value of Annuity Due)

PVAD = R x (1-(1/(1+i)n)/i) x (1+i)

Keterangan:
PVAD : Present Value of Annuity Due (Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang)
R : Nilai Pembayaran/Penerimaan Berkala
i : Tingkat Bunga atau Pengembalian
n : Jumlah Waktu/Periode

Kalkulator Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang

Kami membuat Kalkulator Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang Versi 0.1 (Juni 2022) ini untuk membantu Anda dalam menghitung nilai sekarang dari anuitas terutang (annuity due) dengan cepat dan mudah. Selain dapat digunakan untuk menghitung nilai sekarang dari anuitas terutang, Kalkulator ini juga dapat membantu untuk menentukan nilai pembayaran/penerimaan berkala (anuitas) dan jumlah periode waktu.

Kalkulator Nilai Sekarang dari Anuitas Terutang ini dapat Anda akses secara langsung dengan mengisikan data-data di kolom berikut. Kami menghargai privasi Anda sehingga data yang Anda sampaikan tidak kami simpan.

Referensi Bacaan:

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2019. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh Belas. John Wiley & Sons, Inc.

Was this helpful?

1 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *