Kalkulator Tingkat Bunga Efektif

Sebagai seorang investor, Anda sedang menimbang dua instrumen investasi yang akan Anda pilih untuk jangka waktu satu tahun. Instrumen pertama menawarkan tingkat pengembalian sebesar 15% per tahun yang dibayarkan pada setiap akhir tahun. Sementara itu, instrumen kedua menawarkan tingkat pengembalian sebesar 15% per tahun yang dibayarkan pada setiap akhir bulan. Dari kedua instrumen tersebut, manakah yang akan Anda pilih?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda dapat membandingkan tingkat bunga/return efektif atas kedua investasi tersebut. Pada dasarnya tingkat bunga dapat dikelompokkan menjadi tingkat bunga nominal dan tingkat bunga efektif. Tingkat bunga nominal adalah tingkat bunga yang tertera, tercatat, atau dinyatakan secara eksplisit. Sebagai contoh, tingkat bunga/pengembalian sebesar 15% per tahun yang disebutkan pada kasus di atas termasuk ke dalam pengertian tingkat bunga nominal. Sementara itu, tingkat bunga efektif merupakan tingkat bunga sesungguhnya yang diperoleh setelah memperhitungkan efek pemajemukan (compounding).

Mengingat tingkat bunga efektif dihitung dengan memperhitungkan efek pemajemukan, rumus untuk menghitung tingkat bunga efektif tidak berbeda dengan rumus untuk menentukan bunga majemuk yaitu sebagai berikut.

Rumus Tingkat Bunga Efektif (Effective Interest Rate)

TBE = (1+i/m)mxn-1

Keterangan:
TBE = Tingkat Bunga/Return Efektif
i = Tingkat Bunga/Return per Tahun
m = Frekuensi Pembayaran Bunga/Return per Tahun
n = Jumlah Periode (Tahun)

Kalkulator Penghitungan Tingkat Bunga Efektif

Untuk memudahkan Anda, kami membuat Kalkulator Tingkat Bunga Efektif Versi 0.1 (Juni 2022) ini untuk membantu Anda dalam menghitung tingkat bunga efektif secara cepat dan mudah. Kalkulator Penghitungan Tingkat Bunga Efektif ini dapat Anda akses secara langsung dengan mengisikan data-data di kolom berikut. Kami menghargai privasi Anda sehingga data yang Anda sampaikan tidak kami simpan.

Dengan menggunakan kalkulator di atas, kita dapat membandingkan tingkat bunga/return efektif dari dua instrumen investasi yang disebutkan pada awal tulisan. Untuk instrumen pertama, tingkat bunga/return efektif per tahun adalah sebesar 15% sementara instrumen kedua menawarkan tingkat bunga/return efektif sebesar 16,08% per tahun.

Referensi Bacaan:

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2019. Intermediate Accounting. Edisi Ketujuh Belas. John Wiley & Sons, Inc.

Was this helpful?

1 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *