Kalkulator Rasio Keuangan

Kalkulator Rasio Keuangan Versi 0.1 (21 November 2021) ini dibuat untuk membantu siapa pun yang ingin menghitung rasio keuangan dengan cepat dan mudah. Sebagaimana diketahui, rasio keuangan merupakan salah satu alat (tool) paling populer dan banyak digunakan di dalam analisis keuangan.

Untuk memudahkan Anda, kami menyajikan Kalkulator Rasio Keuangan ini ke dalam 3 (tiga) kelompok besar dengan tujuan penggunaan yang berbeda namun memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain. Ketiga bagian Kalkulator Rasio Keuangan ini terdiri dari:

  1. Kalkulator Rasio Keuangan untuk Analisis Kredit (Risiko) yang terdiri dari:
    • Kalkulator Rasio Likuiditas; dan
    • Kalkulator Rasio Solvabilitas;
  2. Kalkulator Rasio Keuangan untuk Analisis Profitabilitas yang terdiri dari:
    • Kalkulator Rasio Tingkat Pengembalian Investasi;
    • Kalkulator Rasio Kinerja Operasi; dan
    • Kalkulator Rasio Utilitas Aset; dan
  3. Kalkulator Rasio Keuangan untuk Penilaian Saham

Perlu dipahami bahwa interpretasi atas hasil dari penggunaan Kalkulator Rasio Keuangan ini tetap harus Anda kaitkan dengan karakteristik bisnis, kondisi industri, dan faktor relevan lainnya agar nilai rasio dapat memberikan arti atau makna yang lebih baik. Anda juga dapat melihat contoh implementasi analisis rasio keuangan baik yang bersifat retrospektif maupun prospektif di laman berikut.

  1. Contoh Analisis Laporan Keuangan PT Darya-Varia Laboratoria Tbk
  2. Contoh Analisis Prospektif: Proyeksi Laporan Keuangan PT Darya-Varia Laboratoria Tbk

Apabila terdapat kendala, keluhan, kritik, dan saran, Anda dapat menghubungi kami melalui laman berikut. Perlu kami sampaikan bahwa data yang Anda masukkan tidak akan kami simpan.

Kalkulator Rasio Likuiditas

Kalkulator Rasio Likuiditas digunakan untuk mengevaluasi kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Current Ratio, Acid-Test/Quick Ratio, Collection Period, dan Days to Sell Inventory.

Kalkulator Rasio Solvabilitas

Kalkulator Rasio Solvabilitas digunakan untuk menilai kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajiban jangka panjangnya. Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Debt to Equity Ratio (DER), Long-Term Debt to Equity, dan Times Interest Earned.

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Pengembalian atas Investasi

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Pengembalian atas Investasi digunakan untuk mengevaluasi tingkat pengembalian atas investasi dari pembiayaan yang berasal dari utang dan ekuitas. Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Return on Assets (ROA) dan Return on Equity (ROE).

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Kinerja Operasi

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Kinerja Operasi digunakan untuk mengevaluasi margin laba dari kegiatan operasi bisnis. kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Gross Profit Margin (GPM), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM).

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Utilitas Aset

Kalkulator Rasio Profitabilitas – Utilitas Aset digunakan untuk menilai efektivitas penggunaan aset dalam menghasilkan penjualan (pendapatan). Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Cash Turnover, Accounts Receivable Turnover, Inventory Turnover, PPE Turnover, dan Total Asset Turnover.

Kalkulator Rasio Penilaian Saham

Kalkulator Rasio Penilaian Saham digunakan untuk mengestimasi nilai intrinsik saham suatu bisnis. Dengan menggunakan Kalkulator ini, Anda dapat menghitung Earnings per Share (EPS), Price-to-Earnings Ratio (PER), Earnings Yield, Dividend Yield, Dividend Payout Ratio (DPR), dan Price-to-Book Ratio.

Daftar Pustaka

Subramanyam, K. R. 2014. Financial Statement Analysis Eleventh Edition. McGraw-Hill Education.

Was this helpful?

12 / 0

Tinggalkan Balasan 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *